01 November, 2009

Matematika, dalam definisi

Matematika merupakan bahasa yang melambangkan makna dari pernyataan yang ingin disampaikan. Istilah "matematika" berasal dari kata Yunani "Mathein" atau "Mathenein" yang berarti mempelajari. Matematika dalam bahasa Belanda disebut Wiskunde atau Ilmu Pasti, yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran. Namun sampai saat ini belum ada kesepakatan yang bulat dari para matematikawan, apa yang disebut matematika itu.

Ciri Matematika adalah penalaran deduktif yaitu kebenaran suatu atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya, sehingga kaitan antara konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten. Dalam hal tersebut, Brunner berpendapat seperti dikutip oleh Herman Hudojo bahwa : "belaja Matematikaialah belajar tentang konsep – konsep dan struktur matematika yang terdapat di dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep- konsep dan struktur matematika itu."


Untuk lebih memahami pengertiankonsep dan struktur tersebut harus dibentuk dari kegiatan belajar sebelumnya atau pengalaman siswa sebelumnya. Matematika merupakan pelajaran yang saling memiliki keterkaitan satu materi dengan materi berikutnya. Jadi belajar matematika harus bertahap, berurutan dan dilakukan secara berkelanjutan. Sebagai ilustrasi, untuk menguasai dan memahami materi pembgian, siswa harus terlebih dulu menguasai materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Pada ilustrasi terebut pembagian adalah materi yang akan diberikan sedangkan penjumlahan, pengurangan dan perkalian merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki siswa.

Pemahaman terhadap konsep dan struktur suatu materi menjadikan materi itu dipahami secara lebih komprehensif oleh siswa. Selain itu, siswa juga akan lebih mudah mengingat materi yang dipelajari jika materi tersebut mempunyai pola yang berstruktur. Dengan memahami konsep dan struktur, akan mempermudah terjadinya transfer.

Ditulis Oleh : Ahmad Fauzi

Artikel Matematika, dalam definisi ini ditulis oleh Ahmad Fauzi pada 01 November, 2009. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran atau hanya sekedar ingin berkomentar seputar Matematika, dalam definisi dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Hmmm, betul jugaaa yaa,, harusss bertahap

    BalasHapus